Fakta Unik Negara di Dunia

Fakta Unik Negara di Dunia

Fakta Unik Negara di Dunia – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang fakta-fakta unik negara di dunia yang jarang diketahui yang sudah dirangkum dari sumber terpercaya.

Sadar nggak sih kalau dunia tempat tinggal kita ini begitu kaya dan menakjubkan? Atau kita kurang tau karena terlalu sibuk sama kerjaan atau social media? Yah, sesekali deh, kita coba mengamati apa sih, yang ajaib sekitar kita? Di dunia ini memang menyimpan banyak hal yang ajaib lho, sayang kalau dilewatkan.
Barangkali, kamu sudah sering membaca beberapa fakta unik di dunia yang begitu mengagumkan. Untuk menambah wawasanmu tentang fakta dunia yang mencengangkan, Boombastis bakal merangkum lima info seru tentang fakta yang mungkin belum pernah kalian bayangkan sebelumnya.
Mata uang Zimbabwe punya 14 nol di belakang angka 1
Zimbabwe adalah sebuah negara di Afrika selatan. Pada tahun 2009, Negara ini punya mata uang dengan nominal yang luar biasa besar, yaitu 100 triliun Dollar. Itu berarti, ada 14 nol dibelakang angka satu. Nominal yang sangat banyak tersebut menunjukkan inflasi yang sangat tinggi di Negara tersebut hingga nilai mata uang merosot drastis. Padahal, nilai mata uang Indonesia saja sudah lumayan banyak nol-nya ya, tapi ternyata masih banyak Negara yang nilainya jauh di bawah Indonesia.
Dokter ajaib berusia 7 tahun
Akrit Jaswal, bocah kecil dari India ini memang pantas dijuluki sebagai anak terpandai di dunia. Di mana anak seusianya baru bisa membaca, Akrit justru sudah berhasil jadi dokter. Tentu saja sulit mempercayai kenyataan ini, namun di saat ia masih kecil, salah seorang temannya mengalami luka bakar hingga tangannya tak dapat dibuka. Akrit pun berinisiatif melakukan pembedahan hingga tangan temannya itu bisa kembali dibuka seperti sedia kala. Setelahnya, Akrit tercatat sebagai dokter termuda di dunia. Ia bahkan diterima di universitas saat usianya masih 11 tahun.
Ada laut yang tidak bikin tenggelam
Kalau membahas soal laut, mungkin yang ada dalam pikiran kita adalah kedalaman airnya yang bisa saja bikin kita tenggelam. Tapi ternyata, di dunia ini ada lho laut yang bikin kita mengapung tanpa berenang, lokasi tersebut adalah di laut mati. Fakta unik di dunia ini termasuk dalam kategori ajaib, sebab laut yang berbatasan dengan Jordan ini mengandung kadar garam yang begitu tinggi hingga memungkinkan orang untuk mengapung tanpa usaha apa pun, air di laut ini juga memiliki rasa asin yang delapan kali lebih kuat dari air laut lainnya.
Ada lho negara yang 95% penduduknya obesitas
Tau Negara Nauru? Republik terkecil ini berada di Samudera Pasif dan termasuk kawasan Oseania yang pemandangannya eksotis banget. Namun, fakta juga mengungkapkan bahwa mayoritas penduduknya punya pola hidup yang nggak sehat. Penduduknya sangat bersahabat dengan makanan cepat saji yang dibawa dari Negara lain. Mereka makan tanpa peduli dengan dampak yang disebabkan oleh makanan cepat saji. Walhasil, sekitar 95% penduduknya punya badan yang sangat gemuk.
Negara Dengan Rekor Unik

Negara Dengan Rekor Unik

Negara Dengan Rekor Unik – Jika membicarakan tentang negara unik, pastilah pendapat setiap invidividu berbeda-beda, bahkan persepsi orang terhadap kata “unik” pun berbeda-beda. Entah dalam hal penampakan alam atau kondisi masyarakatnya, memang cukup banyak negara yang pantas disebut unik.

Nah, dari antara semua negara di dunia, sepuluh negara berikut ini layak disebut unik karena rekor-rekor unik yang dimilikinya. Penasaran rekor apa yang mereka miliki? Ini dia ulasannya.

1. Papua Nugini adalah negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia, yaitu 840 bahasa

Sementara, negara kita Indonesia berada di posisi kedua dengan 710 bahasa. Di posisi ketiga ada Nigeria dengan 515 bahasa.

2. Sementara, Prancis memegang rekor sebagai negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing pada 2019

jumlah wisatawan yang datang ke Prancis pada 2019 adalah 89 juta orang! Sebanyak 17 juta di antaranya mengunjungi Paris dan di antara mereka, ada 7 juta yang mengunjungi Menara Eiffel. Gak mengherankan karena menara tersebut sangatlah indah!

3. Tahukah kamu negara apa yang menyandang status negara paling terdidik di dunia? Ternyata, jawabannya adalah Kanada

Negara di Amerika Utara itu mendapatkan status tersebut karena 56,27 persen orang dewasa di negara tersebut telah menjalani setidaknya salah satu jenis pendidikan tinggi. Sementara, posisi kedua dan ketiga ditempati Jepang dengan 50,5 persen dan Israel dengan 49,9 persen.

4. Negara tetangga Kanada, Amerika Serika, juga punya sebuah rekor unik, yaitu negara dengan jumlah narapidana terbanyak di dunia

Terdapat lebih dari 2,1 juta narapidana di Amerika Serikat per Juni 2020. Itu lebih banyak dari Tiongkok yang memiliki 1,7 juta narapidana dan Brasil dengan 773 ribu narapidana.

5. Berikutnya ada Jepang, yang tercatat sebagai negara dengan persentase orang berusia lanjut terbanyak di dunia

Ada sekitar 35 juta penduduk Jepang yang berusia 65 tahun ke atas alias setara dengan 28 persen populasi negara tersebut. Posisi kedua ditempati Italia dengan 22,8 persen dan Finlandia di posisi ketiga dengan 21,9 persen.

6. Lalu, bagaimana dengan negara yang persentase penduduk usia mudanya terbesar? Ternyata, jawabannya adalah Niger

Negara yang terletak di Afrika Barat itu memiliki persentase terbanyak penduduk berusia 15 tahun ke bawah. Tak tanggung-tanggung, persentasenya adalah 50,6 persen alias lebih dari setengah populasi!

7. Sementara, Argentina tercatat sebagai negara dengan persentase kepemilikan hewan peliharaan tertinggi

sekitar 82 persen penduduk Argentina memiliki binatang peliharaan. Anjing adalah hewan peliharaan paling populer di negara Amerika Latin tersebut.

8. Kamu tahu Nauru? Negara kecil di Oseania itu ternyata adalah negara dengan persentase terbesar penduduk yang kelebihan berat badan

61 persen penduduk Nauru memiliki Body Mass Index (BMI) lebih dari 30. Sebagai informasi, nilai BMI yang normal adalah 18,5 hingga 24,9.

9. Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, ada juga rekor unik yang dimiliki negara kita ini, yaitu negara dengan rata-rata tinggi badan terendah

data bahwa rata-rata tinggi badan penduduk di negara kita hanya 158 cm. Itu masih lebih pendek daripada Bolivia yang rata-ratanya 160 cm dan Filipina dengan rata-rata 161 cm.

10. Terakhir, ada Denmark yang tercatat sebagai negara dengan larangan nama bayi terbanyak

Denmark, orang tua yang memiliki anak hanya bisa memilih satu dari 7.000 nama yang sudah disetujui pemerintah. Tujuan peraturan itu sendiri adalah agar kelak si anak bisa terhindar dari ejekan karena nama aneh yang mungkin diberikan orang tuanya.