Provinsi Ini Bisa Lihat Gerhana Matahari

Provinsi Ini Bisa Lihat Gerhana Matahari

informasiunikdunia.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Provinsi Ini Bisa Lihat Gerhana Matahari.Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Provinsi Ini Bisa Lihat Gerhana Matahari

Kabar gembira buat pecinta fenomena alam gerhana. Gerhana matahari sebagian akan melintasi Indonesia pada tanggal 26 Desember nanti. Gerhana bulan adalah saat cahaya matahari terhalang sepenuhnya atau sebagian oleh bulan, sehingga tidak sampai seluruhnya ke bumi. Dalam setahun ini terjadi 5 kali gerhana matahari. Terakhir akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019 nanti yakni gerhana matahari cincin.Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Jadi masih menyisakan cahaya matahari yang melingkar di tepian bayangan bulan. Sehingga secara kasat mata berbentuk seperti cincin.

Gerhana matahari melintasi Indonesia selama 5 kali di tahun 2019. Di akhir tahun ini bahkan gerhana matahari berbentuk cincin bisa disaksikan dari Indonesia lho
Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah yang akan terlewati jalur gerhana matahari cincin antara lain Indonesia, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudra Hindia, Singapura, Malaysia, dan Samudera Pasifik. Jadi buat kamu yang di Indonesia dan negara yang disebut di atas bisa menyaksikan gerhana matahari cincin tersebut pada 26 Desember nanti. Apakah di kotamu bisa menyaksikan gerhana matahari cincin?

Ada beberapa kota yang bisa kamu datangi untuk menyaksikan fenomena alam ini. Ini dia di antaranya
Menurut cuit dari Twitter @infoBMKG, waktu mulai gerhana matahari cincin paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.11,9 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT. Gerhana matahari cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB.

Baca Juga : Hal Unik Yang Dilakukan Oleh Pasangan LDR Pas Kangen

Di Indonesia sendiri, lokasinya ada di 25 kota dalam 7 provinsi yang bisa melihat fenomena gerhana matahari cincin. Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kabupaten Siak, Riau, akan jadi lokasi paling ideal menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin ini.Selain Siak, kamu juga bisa menyaksikannya di kota Sibolga, Padang Sidempuan di Sumatera Utara. Di Riau kamu bisa melihatnya bila tinggal di Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, dan Pulau Rangsang. Jika di Kepulauan Riau, gerhana matahari cincin tampak di Batam dan Tanjung Pinang. Kalimantan Barat bisa disaksikan dari Singkawang, Kalimantan Utara ada di Maklut dan Tanjung Selor. Sementara di Kalimantan Timur bisa dilihat dari Berau.

Wilayah lain bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian saja, tidak bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.
Gerhana matahari cincin bakal datang lagi ke Indonesia 12 tahun lagi. Wah lama banget ya!
Manfaatkan ya kesempatan ini karena gerhana matahari cincin masih lama lagi datang ke Indonesia. Gerhana matahari cincin yang akan datang yang dapat diamati di Indonesia yaitu pada tanggal 21 Mei 2031 lalu tanggal 14 Oktober 2042. Wah masih lama banget ya. Ya udah deh, kita saksikan aja gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 atau sekitar seminggu ke depan.

Meski begitu, jangan melihat gerhana matahari dengan mata telanjang ya. Gunakan kacamata matahari atau teleskop agar cahaya matahari yang kuat tidak merusak mata. Selamat berburu gerhana matahari cincin ya!

Hal Unik Yang Dilakukan Oleh Pasangan LDR Pas Kangen

Hal Unik Yang Dilakukan Oleh Pasangan LDR Pas Kangen

informasiunikdunia.web.i dPada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Hal Unik Yang Dilakukan Oleh Pasangan LDR Pas Kangen.Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Hal Unik Yang Dilakukan Oleh Pasangan LDR Pas Kangen

Ngomongin pasangan LDR memang nggak akan ada habisnya. Karena, pasangan yang terpisah jarak (kadang juga waktu) ini selalu punya cara sendiri untuk menjalani hubungan. Ya, bagaimanapun harus punya tips dan trik untuk menjalani kisah cinta yang terpisah ini. Apalagi kalau lagi kangen. Bila pasangan lain bisa langsung ketemu buat melepas rindu, pasangan LDR harus memikirkan banyak hal seperti: waktu, kesibukan, dan tentu saja, ongkosnya.

Jika kamu pasangan LDR, hal tergila apa yang kamu lakukan kalau kamu sedang kangen dengan dia yang jauh di sana? Apakah beberapa hal yang akan Hipwee bahas kali ini juga kalian lakukan? Ya nggak apa-apa sih, namanya juga kangen. Hehe

1. Baca ulang chat dari berbulan-bulan yang lalu, lalu cengar-cengir sendiri ketika ada yang lucu
Pengennya sih ngobrol terus-terusan. Via chat, telepon, atau kalau bisa malah video call. Tapi kadang kondisinya nggak memungkinkan. Kamu tahu kok dia di sana juga punya kesibukan. Apalagi kalau zona waktu kalian berbeda. Dia ‘kan butuh istirahat juga. Kalau sudah begini, yang bisa kamu lakukan baca ulang chat-chat lama dengan si dia. Kalau bisa, chat dari awal PDKT deh. Setelah itu kamu pun cengar-cengir sendiri membaca pesan-pesan yang super cheesy itu. Kadang lucu, kadang geli, kadang sedih juga kalau pas bagian berantem. Kamu begini juga?

2. Inget lagu favorit pasangan yang sedang jauh di sana, lalu diputar-putar seharian
Harusnya sih orang yang kangen akan mencari soundtrack untuk rasa kangen itu. Tapi pasangan yang LDR berbeda. Biar rindunya terobati (atau malah semakin berdarah-darah?), kamu malah mengingat lagu favorit si doi. Kamu ingat bagaimana dulu dia memutar lagu itu seharian dan dengan semangat menjelaskan kenapa dia suka lagu itu. Lantas lagu itu kamu dengarkan seharian. Kamu yang dulunya biasa saja dan nggak suka-suka amat, mendadak jadi suka lagu yang sama. Duh, efek kangen besar juga, ya?

3. Bongkar-bongkar galeri ponsel buat cari-cari foto lama ketika kalian masih bisa ketemuan sesukanya
Kenapa sih orang pacaran suka banget foto bareng? Apa-apa difotoin dan divideoin, memangnya mau buat apa? Jawabannya, ya buat dilihat lagi ketika lagi kangen tapi nggak bisa ketemuan. Memandangi momen-momen lama di mana kalian bisa sama-sama itu cukup menghibur hati. Memorimu pun berselancar ke masa-masa itu. Nggak apa-apa, deh, sementara nggak bisa ketemu dulu. Nanti juga kalau sudah waktunya, bisa bareng-bareng lagi seperti di foto itu.

Baca Juga: Mesin Penjual Otomatis Terbanyak

4. Telepon di jam-jam yang antimainsteram cuma buat bilang “Kamu lagi apa?” dan “Semangat ya!”
Pagi-pagi di jam kantor, tiba-tiba kamu meneleponnya. Atau nggak, ketika tengah malam menjelang dini hari tiba-tiba kamu menghubunginya. Padahal sebelum-sebelumnya kamu nggak pernah telepon di jam yang sama. Terang saja dia jadi khawatir karena mengira sesuatu yang buruk terjadi. Nggak ada apa-apa sih, cuma rindu aja yang terjadi. Hehe

5. Datang ke kafe favorit berdua, terus video call dan bilang “Yang, aku lagi di sini lho. Kangen nggak? Pulang dong makanya…”
Ketika dilanda rindu, segala hal tentangnya bisa jadi sangat bermakna. Karena kencan yang real belum bisa diwujudkan, kamu pun memilih untuk mengunjungi tempat-tempat berkesan yang pernah kalian jadikan tempat kencan. Setelah itu, video call deh sama si dia. Biar berasa sedang ngafe berdua gitu, meski cuma virtual.

6. Ngajakin nonton film bareng. Iya, cuma waktu dan filmnya yang sama, tempat nontonnya beda
Namanya juga LDR, harus pandai-pandai mengakali jarak untuk tetap bisa bahagia. Kamu pun ingin seperti pasangan lainnya yang bisa nonton bareng atau dinner bareng. Makanya, kalau lagi kangen, kamu mengajaknya nonton film. Lah, gimana ceritanya? Mudah. Tinggal pilih film yang sama di jam yang sama. Meski tempatnya berbeda, tapi kan kalian sedang melakukan aktivitas yang sama dan bersama-sama. Uwuuu, sweet banget ‘kan?

Kelakuan pasangan LDR kalau sedang kangen memang ada-ada saja. Mohon dimaklumi, ‘kan kangen juga butuh diberi obat, sementara obat aslinya masih entah kapan bisa didapatkan. Jadinya pakai obat-obat pereda rasa rindu sementara saja. Eh, atau malah bikin semakin rindu? 😀