Danau Terunik di Dunia

Danau Terunik di Dunia – Di dunia ini ada banyak sekali danau yang bisa kamu kunjungi dan setiap danau ada yang memiliki bentuk berbeda. Berikut ini ada beberapa danau terunik yang ada di dunia

1. Danau Satnoda di Nusa Tenggara Barat (NTB)
Danau yang memiliki keunikan dan keindahan panorama yang pertama, adalah danau yang terletak di Pulau Satnoda, NTB. Keunikan dari danau ini terletak pada airnya. Jika kebanyakan air danau adalah air tawar, maka air di Danau Satnoda adalah air asin dengan kandungan alkalinitas yang sangat tinggi dibandingkan air laut pada umumnya. Jika ingin merasakan sensasi terapung diatas air dengan mudah seperti di Laut Mati, maka tidak perlu pergi jauh-jauh ke Yordania, cukup berkunjung ke Danau Satnoda saja.

Danau Terunik di Dunia

2. Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur
Danau Labuan Cermin terletak di Kecamatan Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini terkenal dengan panorama indah dan airnya yang super jernih. Saking jernihnya, Anda bisa dengan mudah melihat pantulan diri jika berdiri di atas danau, seperti sedang bercermin. Keunikan lain dari danau ini adalah memiliki 2 jenis air yang berbeda, di bagian atas air tawar, sedangkan beberapa meter di bawahnya adalah air asin. Uniknya kedua jenis air tersebut tidak tercampur. Ikan yang hidup di danau ini pun ada 2 jenis, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Bila Anda berkesempatan mengunjungi danau ini, jangan lupa untuk melakukan snorkeling agar bisa merasakan langsung keindahan pemandangan bawah airnya.

3. Danau Kawah Putih di Jawa Barat
Danau Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau nya juga mempunyai warna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung di dalamnya. Pemandangan di Danau Kawah Putih ini sangat indah, namun berbeda dengan danau lainnya, air di danau ini tergolong beracun, karena mengandung asam dari aktivitas vulkanik di dasar danau. Jika Anda berkunjung ke sini perlu hati-hati dan jangan lupa gunakan masker agar tidak menghirup gas atau uap berlerang terlalu banyak.

Baca Juga : Cafe Unik yang Ada diJakarta

4. Danau Paniai di Papua
Danau Paniai pernah dinobatkan sebagai danau terbaik dan terindah di dunia pada Konferensi Danau se-dunia yang berlangsung di India, 30 November 2007 lalu. Danau ini berlokasi di Kabupaten Paniai yang berada pada posisi pengunungan tengah di pedalaman Propinsi Papua. Danau ini memiliki luas 14.500 hektar. Selain pemandangan yang indah, di wilayah ini Anda juga bisa menemukan beberapa spesies hewan langka asli Papua. Sebut saja udang selingkuh (cherax albertisi), ikan karper (cyprinus carpio), kikan sembilan hitam dan ikan pelangi (melanotaenia ayamaruensis).

5. Danau Gunung Tujuh di Jambi
Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik yang terbentuk dari proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau ini sempat dinobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara karena letaknya yang berada di puncak gunung dengan ketinggian 1,950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian itu pasti Anda sudah dapat membayangkan betapa dinginnya air di danau ini. Namun, bagi Anda yang hobi naik gunung, sesekali tak ada salahnya untuk mencoba sensasi berendam air dingin di danau ini sambil menikmati panorama alam. Diijamin semua masalah hidup akan hilang sejenak.