Uniknya Negara Jerman,”Menyuap” Warganya Untuk Memakai Listrik

Uniknya Negara Jerman,Menyuap Warganya Untuk Memakai Listrik

informasiunikdunia.web.id – Jerman adalah salah satu negara di benua Eropa yang makmur dan maju,dan merupakan anggota G7,yaitu organisasi kelompok negara kaya di dunia.Lucunya adalah warga negara disana walaupun tidak pernah terkena pemadaman listrik,namun warga kotanya irit dalam menggunakan listrik,sampai-sampai pemerintah jerman turun tangan mengkampanyekan pemakaian listrik.berbanding terbalik dengan negara kita Indonesia.

Sudah bayar mahal-mahal, bahkan biaya listrik kemungkinan akan terus naik, tapi faktanya penyakit mati listrik alias pemadaman masih sering terjadi di Indonesia. Khususnya daerah di perkotaan atau kabupaten-kabupaten di Indonesia, belum lagi mereka yang tinggal di pedalaman.Jangankan mati listrik, merasakan enaknya pakai listrik pun mereka belum pernah.

Program pemadaman listrik di Indonesia yang dilakukan secara bergilir itu sudah terjadi lama sekali. Pemerintah berdalih bahwa pemadaman itu dilakukan lantaran kurangnya pasokan sumber tenaga listrik. Masuk akal memang, tapi bagaimanapun alasan pemerintah tetap saja pemadaman itu terasa sangat menjengkelkan.Benar tidak guys??

Kita yang lagi asyik nonton film kesayangan, yang lagi asyik belajar, bahkan yang sedang tergesa-gesa untuk menyelesaikan tugas kantor atau sekolah yang menggunakan bantuan komputer misalnya, harus terhenti ketika pemadaman tiba.

Logikanya, dengan bahan-bahan alam yang melimpah seperti batu bara, tambang minyak, dan gas alam terbesar di dunia, Indonesia harusnya mampu memasok tenaga listrik lebih besar dari pada negara-negara lainnya.Sayangnya itu tidak terjadi.

Baca juga:

 

Hal itu berbalik 180 derajat dengan negara Jerman yang notabene-nya adalah negara dengan kandungan alam yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia.Dengan teknologi-teknologi buatan tangan manusia yang kreatif, inovasi yang canggih mereka bisa menyulap negara tersebut menjadi negara dengan paokan tenaga listrik terbesar di dunia, Buktinya, semua warga Jerman melakukan aktifitas mereka menggunakan komputer, ac, pengahangat ruangan dengan menggunakan energi terbaru yang bersumber dari alam secara alami.

Mereka memanfaatkan panasnya bumi dan menampung panas matahari untuk diolah kembali dan dijadikan sumber energi,Bisa dikatakan, dari segi teknologi Jerman memang selalu duduk di barisan paling depan. Terbukti pada tahun 2010 yang lalu Jerman sudah mendirikan taman yang penuh dengan benda-benda mirip seperti kipas angin, mereka menyebutnya energiewende.

Dari ketiga sumber energi yaitu bumi, panas (matahari) dan angin, Jerman menjadi negara yang kelebihan stok listrik.Amaziiing bukan…..

Dan itulah alasan pemerintah Jerman harus bersusah payah untuk menyuap warganya agar mau menggunakan tenaga listrik tersebut. Enak ya? Menggunakan listrik, dibayar pula. Di Indonesia, menggunakan listrik harus bayar, itupun listriknya masih sering dimatikan.

Semoga Indonesia kedepannya bisa mencontoh seperti jerman yah,agar pasokan listrik kita bisa merata diseluruh wilayah Indonesia yang tercinta ini dan tidak ada lagi wilayah yang belum kebagian penggunaan listriknya,apalagi sering mati listrik.Indonesia Jayalah Negeriku!!!

Postingan Lainnya