Setiap Hari Mulut Menghasilkan 1 Liter Ludah

Setiap Hari Mulut Menghasilkan 1 Liter Ludah

Setiap Hari Mulut Menghasilkan 1 Liter Ludah – Air liur tetap mengalir adalah bagian yang penting dari menjaga gusi dan gigi yang sehat. Saat mulutmu terasa kering, kamu dapat cepat menghasilkan air liur dengan mengunyah permen karet tanpa gula, makan atau minum sesuatu yang berair.

Didalam rongga mulut ada satu kelenjar yang bernama kelenjar ludah yang memiliki fungsi untuk memproduksi larutan mukus kedalam mulut yang disebut ludah atau air liur atau saliva. Secara normal air liur diproduksi sebanyak 1-1,5 liter setiap harinya. Air liur mempunyai komposisi air 97-98 %, glukoprotein, ptialin (amilase), dan garam-garam alkali.

Amilase atau ptialin merupakan enzim yang berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa atau glukosa. Hal ini dapat dibuktikan apabila kita makan roti tawar, lama kelamaan akan terasa manis rasa roti tawar tersebut. Air liur memiliki dua fungsi, yaitu secara mekanis dan secara kemis/kimia.

Baca Juga:

Secara mekanis, air liur berfungsi membasahi, melumasi makanan supaya menjadi lunak dan berbentuk pasta sehingga mudah untuk tertelan/ditelan. Sedangkan secara kemis, air liur berfungsi melarutkan makanan yang kering sehingga bisa dirasakan, kemudian menjadi PH mulut, membunuh bakteri dan mencegah agar mulut tidak mengering.

Kelenjar ludah didalam mulut ada tiga, yaitu kelenjar submandibularis, sublingualis, dan parotis. Kelenjar submandibularis terdapat di rahang bagian tengah. Kelenjar submandibularis dan kelenjar sublingualis menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir. Ludah berfungsi untuk memudahkan penelanan makanan.

Jadi, ludah berfungsi membasahi dan melumasi makanan sehingga mudah ditelan. Selain itu, ludah juga melindungi selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa.
Kelenjar sublingualis terdapat di bawah dasar rongga mulut. sublingualis menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir. Kelenjar Parotis terletak dibagian depan telinga.

Postingan Lainnya