Hewan Dengan Tubuh Transparan

Hewan Dengan Tubuh Transparan

Informasiunikdunia.web.id – Serta beberapa hewan transparan memiliki teknik dan mekanisme spesifik berikut. Jika yang Anda tahu adalah bahwa hewan transparan hanyalah ubur-ubur, maka Anda salah. Di sini ada hewan transparan yang unik.

Kupu-kupu Sayap Transparan (Glasswing butterfly)
Greta oto adalah sejenis kupu-kupu sayap transparan termasuk dari subfamili Danainae. Sayap transparan ini memiliki ukuran sekitar 5-6 cm. Nama paling umum dalam bahasa Inggris adalah “ Glasswing butterfly”. Jaringan antara urat sayapnya terlihat seperti kaca, karena tidak memiliki sisik berwarna seperti ditemukan di kupu-kupu lainnya. Bagian dari sayapnya terkadang diwarnai dengan merah atau oranye sedangkan tubuhnya berwarna gelap.

Cumi Transparan (Ancistrocheirus lesueurii)
Dengan nama ilmiah Ancistrocheirus lesueurii, cumi bertubuh transparan ini ditutupi dengan bintik-bintik sel pigmen di seluruh kulitnya. Dengan mata yang bercahaya, mereka dapat di temukan di seluruh lautan tropis dan sub tropis pada kedalaman 200 hingga 1000 meter.

Ikan Surgeon Transparan (Juvenile Surgeonfish)
Ikan transparan ini adalah Bayi Surgeonfish. Mereka dapat di temukan di perairan sekitar Selandia Baru. Percaya atau tidak, ikan ini adalah sepesies yang sama dengan ikan Dory di film animasi Finding Nemo, mereka dapat tumbuh hingga 30 cm.

Semut Transparan (Monomorium pharaonis)
Dikenal dengan nama semut Firaun, hewan ini memiliki ukuran yang sangat kecil hanya 2mm. Memiliki tubuh hampir transparan berwarna kuning muda dengan wana merah hitam pada perut. semut dewasa memiliki sayap, namun sayap akan menghilang usai kawin. Selama hidupnya ratu semut Firaun bisa bertelur hingga 3500 butir. dalam sarang semut Firaun terdapat beberapa ratu, mereka biasanya membangun sarang di dinding, lemari void, isolasi kulkas, tirai, lipatan pakaian, seprai, dan ruang gelap lainya.

Baca juga : Masjid Terapung di Tengah Lautan

Ikan Berkepala Transparan (Macropinna Microstoma)
Dikenal juga sebagai Barreleye atau spook fish, merupakan ikan laut termasuk dari keluarga Opisthoproctidae dan dapat ditemukan di perairan tropis beriklim di Atlantik, Pasifik, dan Samudra India. Ikan ini diberi nama dari bentuk matanya, yang terletak di dalam kepala, dapat melihat lurus ke atas sambil berenang untuk mendeteksi mangsa yang ada, namun ikan ini mampu mengarahkan mata mereka ke depan ataupun memutar sehingga ikan dapat melihat dalam berbagai arah, yang tidak mungkin dilakukan jika bukan karena tengkorak transparan.

Ikan yang luar biasa ini mungkin makhluk paling aneh yang pernah ditemukan bersembunyi di laut dalam. Kadang-kadang disebut “ ikan hantu,” tidak diragukan lagi karena penampilannya yang aneh, barreleye memiliki kepala yang benar-benar transparan.

Kumbang transparan (Tortoise Shell Beetle)
Kumbang kura-kura emas (Charidotella sexpunctata) adalah spesies kumbang dalam keluarga kumbang daun, Chrysomelidae. Ini adalah asli Amerika. Kumbang yang luar biasa ini tidak benar-benar seluruhnya transparan, tetapi memiliki pelindung yang hampir tak terlihat. Tujuan dari kulit luar transparan untuk menipu predator potensial, karena mengungkapkan tanda-tanda pada punggungnya yang bertindak sebagai peringatan. Kumbang ini bisa 5 sampai 7 milimeter panjangnya, variabel dalam warna dari oranye ke emas dan sering metalik, sehingga mendapat julukan “ Goldbug”. Warna perubahan musiman, dan kumbang dapat berubah warna ketika terancam dengan mengubah aliran cairan antara lapisan cuticle. Kumbang kura-kura datang dalam banyak varietas yang berbeda, dan desain di kulit mereka bisa berbeda-beda dan indah.

Larva Belut Transparan (Leptocephalus)
Leptocephalus (yang berarti ” kepala ramping” ) adalah larva transparan dan datar dari belut laut, dan salah satu anggota dari super ordo Elopomorpha. Ini adalah kelompok teleosts yang paling beragam, mengandung 801 spesies, 156 genera, 24 family, dan 24 ordo. Ikan-ikan yang memiliki tahap larva leptocephalus antara lain adalah Conger, belut moray, belut taman, dan belut air tawar dari family Anguillidae.

Katak Transparan (Hyperolius leucotaenius)
Katak ini memiliki kulit transparan sehingga organ dalam dan bahkan telur-telurnya bisa terlihat. Spesies katak ini ditemukan di Sungai Elila, bagian tenggara Kongo. Hyperolius leucotaenius memiliki kepala berwarna hijau transparan serta tubuh berwarna bak plastik. Katak ini juga memiliki pola garis yang berwarna kuning serta ujung-ujung jari kaki yang berwarna oranye. Belum jelas alasan mengapa katak ini memiliki tubuh transparan

Bayi Gurita (A Juvenile Octopus)
Terdiri dari warna biru dan oranye, dengan cahaya seperti lampu kecil yang berkedap kedip. Bayi Gurita ini hanya selebar 2 cm.

Ikan Transparan Terlangka (Salpa Maggiore)
Ikan unik ini memiliki nama Salpa Maggiore dan memang sangat langka. Pemancing asal Selandia Baru yang menangkapnya sedang berenang di permukaan laut. Saat itu Stewart Fraser sedang mancing dengan putranya di 43 km sebelah utara Pulau Utara Karikari Peninsula dan mengiranya sebagai udang transparan. Sedangkan Deborah Cracknell dari Akuarium Nasional di Plymouth yakin ikan itu Salpa Maggiore atau Salpa maxima. Ikan itu memang jarang terdengar keberadaannya dan lebih banyak hidup di Samudra Selatan atau laut bersuhu dingin. Mereka makan fitoplankton dari lapisan atas yang diterangi matahari laut. Dapat dibayangan bagaimana Tuhan menyembunyikan berbagai hal yang luar biasa di alam ini, tak habis sampai disini, masih terdapat banyak lagi hewan transparan unik yang tersebar di belahan dunia.

Postingan Lainnya