Hewan Dengan Tiga Klopak Mata

Hewan Dengan Tiga Klopak Mata

Informasiunikdunia.web.id –  Mata hewan yang biasanya kita temukan adalah bentuk yang sangat berbeda. Ada orang yang terlihat marah dan tampak mengancam seperti harimau. Ada juga yang jernih dan tenang seperti beberapa burung. Menurut penelitian yang dilaporkan oleh Thescienceexplorer.com, bentuk dan fungsi mata beberapa spesies telah bervariasi dan berevolusi dengan cara yang kompleks sejak ditemukan 540 juta tahun yang lalu.

Berikut ini deretan fauna pemilik mata unik:

Bintang Laut
Penggemar serial kartun Spongebob Squarepants pasti sudah akrab dengan sobat sang lakon bernama Patrick. Ya, di dunia nyata Patrick adalah bintang laut. Banyak orang tidak memperhatikan binatang berwarna merah muda ini sebenarnya juga punya mata. Jumlahnya ada lima, satu di setiap ujung lengannya.

Laba-laba berwajah raksasa
Fauna ini disebut punya enam mata. Namun saat diperhatikan sekilas, yang nampak hanya sepasang alias dua buah saja karena ukurannya relatif besar dibandingkan mata lainnya. Penglihatan malam mereka bisa 100 kali lipat lebih baik dibandingkan manusia. Bukan karena ukuran mata mereka yang besar semata, melainkan juga adanya lapisan sel yang peka cahaya yang melapisinya. Selaput ini sangat peka cahaya sehingga hancur saat pagi menjelang dan baru muncul lagi begitu gelap tiba.

Capung
Serupa dengan berbagai jenis serangga lainnya, capung juga dikaruniai mata majemuk yang tersusun dari 30.000 ommatidia. Namun, mata capung lebih kompleks dibandingkan serangga lainnya. Mata mereka ukurannya cukup besar hingga hampir seukuran kepalanya. Selain itu, keunikan lain mata capung adalah bidang pandangnya yang bisa 360 derajat. Fauna ini juga dibekali organ ocelli seperti milik bintang laut, sehingga mereka bisa mendeteksi pergerakan supercepat hingga sepersekian detik.

Sotong
Sotong punya mata berbentuk huruf “W” yang unik dan juga kuat. Walaupun indra penglihatannya tidak bisa digunakan untuk mengenal warna alias buta warna, namun mata sotong yang telah berevolusi disebut sangat jago polarisasi.

Baca juga : Babi Berbulu Domba Kok Bisa Ya

Bunglon
Fauna ini memiliki mata paling unik di antara binatang lainnya. Kelopak mata bunglon membentuk sejenis lingkaran yang mengelilingi sekujur bola matanya dan hanya menyisakan satu lubang seukuran jarum untuk melihat.

Sepasang mata bunglon juga unik lantaran masing-masing bisa bergerak sendiri-sendiri dan mampu melihat dalam bidang pandang 360 derajat. Kemampuan ini membuat bunglon bisa melihat ke dua tempat berbeda sekaligus.

Tokek Jenis Ekor Daun (Leafed Tailed Gecko)
Hewan ini memiliki kemampuan kamuflase, bukan dengan kulitnya, tetapi dari matanya. Tokek ini memiliki pola mata yang unik dan rumit dan juga indah sehingga bisa dijadikan sebagai kamuflasenya di batang pohon.

Tarsius
Primata dengan tubuh yang kecil ini memiliki mata yang sangat besar dan juga memiliki night vision yang hebat. Bisa dikatakan dalam berburu mangsanya, Tarsius mengandalkan matanya dan juga pergerakan lehernya yang bisa 180 derajat bisa memutar.

Udang Mantis
Di dalam mata udang ini terdapat mata lagi sehingga mata udang ini tersusun dari mata yang lebih kecil atau disebut faset. Udang Mantis memiliki 10.000 faset. Dari 10.000 faset ini Udang Mantis dapat membedakan 100.000 warna yang berbeda. Padahal manusia memiliki kemampuan membedakan dalam 1.000 warna.

Postingan Lainnya