Fakta Unik Mengenai Sidik Jari Manusia

Fakta Unik Mengenai Sidik Jari Manusia

Informasiunikdunia.web.id – Sidik jari merupakan salah satu bukti kuat yang dapat digunakan seseorang mengidentifikasi diri. Lewat sidik jari, orang mudah diidentifikasi baik itu pelaku tindak kejahatan, korban kejahatan ataupun korban bencana. Namun, ada beberapa fakta lain dari sidik jari yang jarang diketahui orang. Apa saja? Ini dia beberapa fakta tentang sidik jari yang unik banget.

1. Sidik jari manusia adalah pola yang rumit
Kebanyakan kita mengira jika telah mengetahui pola sidik jari dari seseorang akan mudah mengidentifikasi seseorang. Nyatanya, setiap orang memiliki pola sidik jari yang unik dan akan sangat sulit mencocokkannya bahkan bagi para ahli forensik. Pola sidik jari manusia sangat rumit dan bervariasi, sehingga hanya orang terlatih yang mampu mengidentifikasinya.

2. Tidak ada dua sidik jari yang terlihat sama persis
Manusia terlahir dengan pola sidik jarinya masing-masing dan tidak ada yang sama. Bahkan untuk anak yang kembar identik sekalipun akan memiliki pola yang berbeda. Sidik jarimu merupakan tumpukan dari beberapa lapisan kulit yang terpilin menjadi satu. Pola dari sidik jari ini sudah mulai terbentuk dari sejak masih di dalam kandungan lho.

3. Beberapa orang di dunia terlahir tanpa memiliki sidik jari
Setidaknya ada empat pola dari sidik jari manusia yaitu Swirl, Arch, Loop dan Triradius. Namun, ternyata ada beberapa orang yang terlahir tanpa memiliki sidik jari. Hal ini karena kondisi genetik yang mencegah pembentukan sidik jari di orang tersebut. Kondisi genetik tersebut ada tiga yakni sindrom Naegeli-Franceschetti-Jadassohn (NFJS), Dermatophathia Pigmentosa Reticularis (DPR) dan Adermatoglyphia.

Baca Juga : Fakta Unik Mengenai Tahi Lalat

4. Bersifat tahan lama bahkan setelah seseorang meninggal dunia, namun juga dapat hilang karena bahan kimia
Sifatnya yang tahan lama menyebabkan sidik jari sangat membantu untuk mengidentifikasi tubuh. Ini sering digunakan untuk mengidentifikasi korban yang sudah lama meninggal. Namun, ternyata sidik jari juga dapat hilang karena bahan kimia yang sangat keras. Bahan kimia yang sangat keras disebut mampu mengikis lapisan kulit yang membuat sidik jari memudar bahkan hilang.

5. Sidik jari banyak tertinggal di beberapa benda yang kita sentuh
Kulit jari manusia pada dasarnya mengeluarkan minyak dan garam yang meninggalkan residu. Inilah alasan mengapa manusia dapat meninggalkan jejak sidik jari pada benda yang disentuh. Tetapi tidak semua benda mampu menyerap informasi sidik jari sebaik seperti saat kita menyentuh kaca atau cermin.

Postingan Lainnya