Beberapa Fakta Unik Mengenai Timor Leste

Beberapa Fakta Unik Mengenai Timor Leste

Informasiunikdunia.web.id – Bertetangga dengan Indonesia, negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Nusa Tenggara Timur ini menarik juga untuk dijadikan sebagai destinasi liburan berikutnya. Sebelum memutuskan berlibur ke Timor Leste, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu delapan fakta unik seputar Timor Leste berikut ini.

1. Timor Leste memiliki empat bahasa untuk berkomunikasi
Tetun, bahasa resmi atau nasional yang digunakan oleh umumnya masyarakat Timor Leste untuk berkomunikasi antar sesama. Portugis adalah bahasa kedua yang digunakan oleh masyarakat Timor Leste, mengingat dahulu negara ini pernah dijajah oleh bangsa Portugis.

Letaknya berdekatan dengan Indonesia, dan pernah menjadi bagian dari Ibu Pertiwi. Masyarakat Timor Leste paham pula mengenai bahasa Indonesia. Dan terakhir adalah bahasa Inggris, bahasa internasional yang umumnya dipelajari setiap orang.

2. Bandara Internasional Presiden Nicolau Lobato, hanya memiliki tiga rute
Singapore, Darwin (Australia), dan Denpasar (Indonesia), rute internasional yang di mana setiap wisatawan dari berbagai negara yang hendak berlibur di negara ini, pastinya akan transit terlebih dahulu ke salah satunya.

Namun penerbangan aktif untuk saat ini, hanya Denpasar dan Darwin. Mengingat dua rute tersebut memiliki jarak tempuh ke Timor Leste, jauh lebih dekat ketimbang Singapore.

3. Tidak mudah melakukan transaksi menggunakan kartu, sebaiknya siapkan uang tunai yang banyak
Timor Leste menggunakan Dolar Amerika untuk bertransaksi. Di sini tidak mudah untuk menemukan ATM Center atau menggunakan kartu debit/kredit ketika bertransaksi. Maka dari itu, sebelum menjelajahi setiap sudut Timor Leste alangkah baiknya menyiapkan uang tunai yang banyak.

Baca Juga : Beberapa Fakta Unik Tentang Garuda Pancasila

4. Timor Leste punya best time untuk menyaksikan atau melakukan atraksi menarik
Meski negara beriklim tropis, Timor Leste punya best time untuk menyaksikan atau melakukan atraksi menarik. Jika kamu ingin menyaksikan pesona bawah laut Timor Leste, bulan Mei-November adalah waktu terbaiknya.

Suka melakukan pendakian? Mei hingga November, bulan yang umumnya dipilih oleh masyarakat Timor Leste. Ikan laut sedang melimpah di perairan Timor Leste antara bulan November-Maret, tak jarang jika waktu ini tiba baik masyarakat maupun wisatawan memanfaatkannya dengan memancing.

Nah, jika kamu ingin berenang bersama lumba-lumba atau menyaksikan ikan paus dari dekat. Mereka akan sering muncul ke permukaan pantai pada bulan Oktober hingga Desember.

5. Pulau Atauro atau disebut pula Pulau Kambing, primadona wisata di Timor Leste
Berbeda dengan Pulau Kambing di Sulawesi Selatan yang tidak disinggahi sama sekali oleh kambing. Di pulau ini, kalian dapat menemukan banyak kambing di setiap sudut pulau.

Keunikan Pulau Atauro tidak berhenti di situ saja! Dunia bawah laut perairan pulau ini sangatlah indah dengan hiburan berupa biota laut. Supaya tidak mubazir, banyak wisatawan yang memanfaatkan Pulau Atauro dengan bermain snorkeling, diving, renang, atau camping.

Postingan Lainnya