Beberapa Fakta Unik Mengenai Tambang

Beberapa Fakta Unik Mengenai Tambang

Informasiunikdunia.web.id – Kalau mendengar kata tambang, kita selalu berpikir tentang galian, lubang dan aneka mineral hasil bumi. Sebenarnya gak salah, hanya saja ada banyak hal menarik lain yang belum kita ketahui sama sekali. Tambang mencakup bidang yang luas di mana memiliki manfaat besar untuk kehidupan. Di samping itu, nilai ekonomisnya pun juga sangat menggiurkan. Kira-kira, sejauh apakah kamu paham soal tambang? Nah, supaya gak salah informasi, berikut ini fakta unik soal tambang yang jarang sekali diketahui orang. Yuk simak!

1. Nyaris semua barang-barang yang kita punya mengandung hasil tambang
Selama ini kita berpikir kalau hasil tambang hanya berupa logam untuk komponen smartphone. Betul banget, sebagian bahan baku ponsel memang berasal dari tambang.

Tapi, gak hanya itu, banyak komoditi lain yang memakai hasil tambang untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya pakaian, kacamata atau kursi. Barang-barang tadi harus melewati banyak proses sampai akhirnya bisa digunakan.

2. Minimnya pengetahuan tentang tambang membuat masyarakat sering salah persepsi
Selama ini masyarakat memandang tambang sebagai sesuatu yang merugikan. Misalnya pengerukan besar-besaran, bekas galian yang terbengkalai atau penambangan liar oleh oknum tidak bertanggung jawab. Karena minimnya pengetahuan akan tambang, banyak masyarakat yang salah persepsi.

Faktanya, banyak perusahaan tambang yang sudah mengikuti aturan dengan baik, lho. Hal itu diungkapkan oleh Masagus Ahmad Azizi yang menjadi Ketua Bidang Keprofesian Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) pada cara Indonesia Writers Festival di Serpong, Sabtu (7/9). Ia sangat menyayangkan kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui sisi buruk soal tambang dibandingkan manfaatnya.

Padahal pemerintah dan PERHAPI selalu berupaya mengawasi agar proses penambangan tidak melanggar peraturan. Jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab, pemerintah tak segan memberikan sanksi yang tegas.

3. Butuh proses yang panjang dalam mengolah tambang untuk menjadi barang bermanfaat
Sebelum menjadi barang-barang yang bisa kita pakai, dibutuhkan proses pengolahan tambang yang sangat panjang. Dimulai dari penambangan, lalu dihancurkan agar terjadi proses pemisahan mineral.

Bahan yang sudah terpisah akan dikelompokkan sesuai jenisnya. Setelahnya bahan tersebut akan menghasilkan konsentrat untuk dileburkan dan dimurnikan. Setelahnya, kembali diproses sampai menjadi barang-barang yang bisa kita gunakan sekarang ini.

Baca Juga : Fakta Unik Mengenai Otot Manusia

4. Pentingnya kerjasama antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat agar hasil tambang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama
Agar hasil tambang bisa digunakan dengan baik, butuh kerjasama yang apik antara pemerintah, pengusaha tambang dan masyarakat. Ketiga elemen ini harus melengkapi karena saling membutuhkan. Pemerintah akan mengawasi setiap pengerjaan, begitu pun dengan pengusaha yang membutuhkan masyarakat untuk mengolah tambang itu sendiri.

Pengusaha dapat mengedukasi masyarakat tentang kegunaan tambang sekaligus membuka lapangan pekerjaan. Gak cuma itu, bahkan tambang bisa menjadi alat pemersatu dengan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat. Hal itu diungkapkan jelas oleh Dr. Stephanie Saing yang menjadi Ketua Knowledge Sharing PERHAPI.

Supaya masyarakat semakin paham, ada juga lho sekolah online tentang tambang. PERHAPI juga sangat welcome jika ada yang ingin belajar lebih dalam. Kalau ditelusuri lebih dalam, ada banyak fakta unik dan menarik soal tambang.

Postingan Lainnya