Beberapa Fakta Unik Mengenai Mata

Beberapa Fakta Unik Mengenai Mata

Informasiunikdunia.web.id – Dengan melihat, kita dapat mengamati sesuatu. Saat mengerjapkan mata yang berlangsung sepersekian detik, mata bekerja dengan otak untuk memberi tahu ukuran, bentuk, warna, dan tekstur suatu objek. Dengan begitu akan memberi tahu seberapa dekat itu, apakah itu berdiri diam atau datang ke arah kita, dan seberapa cepat itu bergerak.

Mata lebih kecil dibandingkan dengan kebanyakan organ, tetapi strukturnya sangat kompleks yang bekerja untuk merasakan kedalaman, memungkinkan kita untuk menilai jarak dan ukuran objek untuk membantu kita bergerak. Selain otak, mata juga bekerja dengan otot dan saraf untuk menghasilkan gambar dan pesan visual yang rumit.

Mata terus-menerus beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, misalnya menyesuaikan diri sehingga kita dapat dengan mudah bergerak di ruangan yang gelap atau sinar matahari yang cerah. Oleh karena itu, mata kita ini sangat unik. Yuk, kita simak beberapa fakta menarik tentang mata!

1. Mata hanya bisa melihat tiga warna
Sebenarnya mata hanya dapat melihat tiga warna; merah, biru, dan hijau. Semua warna lain diciptakan melalui kombinasi ketiga warna ini. Cahaya, yang tidak berwarna, memantulkan objek dan kemudian dirasakan oleh mata. Melalui kombinasi tiga warna dasar ini, mata dapat membantu mendeteksi sekitar 10 juta warna-warna yang berbeda.

2. Berat mata sekitar 8 gram
Mata memiliki berat hanya sekitar 8 gram dan lebar kira-kira dua setengah sentimeter, tetapi berisi 6 otot. Otot-otot ini bekerja sama untuk mencapai presisi yang memungkinkan mata manusia mengikuti objek bergerak.

3. Melanin adalah pemberi warna mata
Melanin adalah pigmen yang memberi warna mata. Orang dengan warna mata coklat memiliki lebih banyak melanin daripada orang dengan warna mata biru. Para ilmuwan percaya bahwa orang berwarna mata biru pertama telah hidup antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu.

Baca Juga : Beberapa Fakta Unik Soal Kupu-Kupu

4. Transplantasi mata
Transplantasi mata tidak memungkinkan untuk membuat orang buta dapat melihat karena saraf optik sangat kompleks dan sensitif dan belum ditemukan bagaimana meregenerasi sel-sel retina yang sehat. Namun, kemajuan terus-menerus dilakukan di lapangan.

5. Sel pada mata
Ada dua jenis sel pada mata. Sel tersebut diberi nama sesuai dengan bentuknya; sel-sel batang dan sel-sel kerucut. Kita memiliki sekitar 130 juta sel-sel batang dan 7 juta sel-sel kerucut di mata. Batang adalah sel yang membantu melihat dalam gelap.

6. Mata memiliki titik buta
Setiap mata memiliki titik buta yang merupakan hasil dari titik penghubung antara saraf optik dan retina. Hal tersebut merupakan daerah visual di otak yang tidak mendapatkan informasi dari mata, yakni daerah yang berhubungan dengan kurangnya deteksi cahaya dari sel fotoreseptor.

Postingan Lainnya