Beberapa Fakta Unik dari Lidah Kucing

Beberapa Fakta Unik dari Lidah Kucing

Informasiunikdunia.web.id – Kucing adalah salah satu pilihan hewan peliharaan. Tubuhnya yang berbulu dan imut membuatnya menjadi pilihan untuk meramaikan rumah. Salah satu kebiasaan yang membuat hewan satu ini terlihat makin imut adalah ketika mereka menjilati tubuhnya sendiri, bahkan konon dikatakan bahwa kucing menghabiskan seperempat waktu hidupnya untuk menjilati dirinya sendiri.

Sekilas terlihat hal ini terlihat biasa saja, tetapi hal ini sebetulnya bisa dilakukan karena lidah kucing memiliki keunikan tersendiri. Penasaran dengan fakta-fakta unik dari lidah kucing? Berikut akan kami bahas mengenai beberapa fakta unik mengenai lidah kucing yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Papila Berbentuk Penyendok
Papila adalah tonjolan pada lidah yang berbentuk seperti benang halus dan kecil. Sebelumnya diduga bahwa papilla pada lidah kucing berbentuk kerucut karena strukturnya yang kasar, tetapi penelitian terbaru tahun 2018 di Jurnal PNAS menegaskan bahwa papilla pada lidah kucing berbentuk seperti penyendok. Bentuk papila ini membantu lidah mengantarkan saliva dalam jumlah besar ke bulu kucing sehingga mereka bisa membersihkan diri dengan lebih efektif.

2. Bermanfaat, tetapi berbahaya jika berlebihan
Struktur kasar dan papilla berbentuk seperti penyendok pada lidah kucing membuatnya sangat efektif untuk membersihkan diri. Namun, kucing yang mengalami stress cenderung berlebihan dalam membersihkan dirinya sendiri. Hal ini jika dibiarkan akan membuat bulu kucing menjadi botak, apalagi kucing lebih sering menjilat dirinya sendiri ketika tidak ada orang lain. Untuk kamu yang punya kucing peliharaan, alangkah baiknya kamu lebih jeli melihat perubahan tingkah lakunya.

3. Lidah kucing berguna untuk bertahan hidup
Kucing pada dasarnya adalah hewan karnivora yang memangsa makhluk hidup lain untuk makan. Oleh karena itu tidak jarang darah dari hewan buruannya menempel di bulu kucing. Struktur lidah kucing sudah diciptakan agar mampu mengangkat berbagai macam kotoran termasuk darah yang menempel di bulu.

Coba bayangkan jika ada darah tersisa di tubuh si kucing? Kucing di alam liar akan menjadi sasaran empuk predator yang tertarik karena bau darah yang menempel di badan si kucing.

Baca Juga : Beberapa Fakta Unik Mengenai Timor Leste

4. Lidah kucing tidak bisa membedakan rasa
Kucing memiliki saraf pengecap yang lebih sedikit dibandingkan manusia, hal ini membuat kucing tidak bisa membedakan rasa. Oleh karena itu, kucing lebih menyukai daging karena memiliki aroma yang khas dan rasa lemak. Jadi, sebetulnya kita tidak perlu memberikan perasa apapun pada makanan kucing karena di pun tidak bisa merasakannya.

5. Mengetes makanan
Meski tidak mengecap rasa dengan baik, lidah kucing tetap berguna untuk mengetes makanan miliknya. Apa yang diperiksa oleh kucing? Jawabannya adalah tekstur dan suhu makanan tersebut. Kucing lebih menyukai makanan dengan suhu ruang dan tekstur yang empuk sehingga jika kamu menyediakan makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu keras makan dipastikan di tidak akan mau memakannya.

Nah, jadi itulah 5 fakta unik dari lidah kucing. Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah lidah kucing memiliki peranan penting untuk kehidupan kucing. Mulai dari membersihkan badan hingga bertahan hidup dari serangan predator. Jadi, jangan heran jika kucing peliharaanmu sangat suka menjilat dirinya sendiri.

Postingan Lainnya