6 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Untuk Kesehatan

6 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Untuk Kesehatan

informasiunikdunia.web.id – Setiap manusia pasti mempunyai kebiasaan masing-masing,namun kebiasaan itu kemungkinan ada yang sama,Nah disini mimin akan menjabarkan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang akan berdampak buruk kepada kesehatan kita namun seringkali disepelekan.Menurut survey yang dilakukan oleh Sun Life Financial, 4 dari 5 orang Indonesia menyatakan dirinya sehat. Selain itu, 73% masyarakat juga mengaku bahwa mereka menempatkan kesehatan pribadi sebagai prioritas pertama dalam hidup. Nah, ngomongin soal hidup sehat tentu aja ngggak cuma soal jaga kebersihan, jaga makan, tidur cukup, dan olahraga teratur.

Kita juga harus memperhatikan kebiasaan yang mungkin kita anggap sepele dan nggak akan berpengaruh sama kesehatan padahal kebiasaan itu sangat mempengaruhi kesehatan. Beberapa contohnya bakal kita bahas nih. Selama ini kamu nggak sadar aja betapa bahayanya kebiasaan ini.

1.Keseringan Keramas

Jangan pernah keramas setiap hari. Bukannya bersih, ini malah bahaya. Penelitian menemukan bahwa mencuci rambut tiap hari bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut agar nggak rontok. Kalo nggak bisa menghilangkan kebiasaan itu dalam waktu singkat, setidaknya kamu harus mulai menguranginya dari sekarang sebelum hal buruk terjadi yah. Inget loh, lebih baik mencegah daripada mengobati.

2.Memakai Kontak Lens Dengan Jangka Waktu Yang Lama

Pakai lensa kontak tuh boleh aja asalkan kamu menggunakannya dengan tepat. Jangan pakai terus-menerus. Pakai beberapa jam aja biar matamu nggak mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah. Penggunaan lensa kontak bisa memblokir jaringan di matamu dari oksigen. Kalo sampai itu terjadi, matamu bisa mengalami infeksi atau parahnya kornea matamu bisa rusak.

3.Menahan BAB

Banyak orang sering nahan buang air besar karena berbagai alasan. Apakah kamu juga sering ngelakuin ini? Mulai saat ini kamu harus meninggalkan kebiasaan ini karena dampaknya yang nggak baik buat tubuh. Kamu bisa ngalamin konstipasi kronis dan bisa muncul penyakit lain dalam pencernaan.

Baca juga:

 

4.Nonton Tv Sebelum Tidur

Pasti banyak nih yang punya kebiasaan kayak gini. Jangan diteruskan yah. Kebiasaan ini nggak bagus. Sinar dari TV bisa menstimulasi otak dan bisa mengganggu level melatonin yang dibutuhkan supaya kamu tidur. Kalo kamu nonton sesuatu yang mengganggu otak, itu bisa membuat kamu mimpi buruk. Jadi, kamu harus menghindari nonton TV setidaknya satu setengah jam sebelum tidur.

5.Makan Terlalu Cepat

Hayooh, siapa yang makannya cepet banget kek orang lagi dikejar-kejar setan? Jangan dibiasakan yah. Kalo makan tuh pelan-pelan aja. Dinikmati gaes makanannya. Kalo kamu makanannya terlalu cepet, otak dan perutmu nggak akan punya waktu buat memproses fakta bahwa kamu lagi makan. Selain itu, makan terlalu cepat bisa membuat kamu makan kebanyakan karena kamu nggak sadar jumlah makanan yang udah kamu konsumsi.

6.Gak Pernah Bersihin Hp

Meski keliatan bersih, nyatanya HPmu itu lebih kotor dari yang kamu bayangkan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa layar HP mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan closet duduk. Untuk itu kamu harus rajin membersihkan HP dan biar lebih aman lagi, rajinlah cuci tangan.

Postingan Lainnya